Resep Cilok Ayam 1 Kg

Diposting pada
BAKSO CILOK AYAM 1 kg Daging 1 kg Tepung YouTube

Cilok atau aci digoreng adalah makanan khas Indonesia yang banyak disukai oleh masyarakat. Makanan ini terbuat dari tepung kanji dengan isi yang bervariasi seperti bakso, daging, atau ayam. Dalam resep ini, kita akan menggunakan ayam sebagai isian cilok. Berikut adalah resep cilok ayam 1 kg yang mudah dan enak untuk kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

– 500 gram tepung kanji – 1 sendok teh garam – 2 siung bawang putih, haluskan – 1 sendok makan kecap manis – 1 sendok makan minyak goreng – 1 sendok teh merica bubuk – 2 butir telur – 750 ml air – 250 gram daging ayam cincang halus – 1 sendok teh gula pasir – 1 sendok makan saus tiram – 1 sendok makan kecap manis – 1 sendok teh garam – 1 sendok teh merica bubuk – Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat

Buat Adonan Cilok

1. Campurkan tepung kanji, garam, bawang putih, kecap manis, minyak goreng, merica bubuk, dan telur ke dalam wadah yang besar. 2. Aduk rata semua bahan tersebut. 3. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan menjadi kalis dan lembut. 4. Setelah adonan tercampur rata, diamkan selama 15 menit.

Buat Isi Ayam

1. Campurkan daging ayam cincang, gula pasir, saus tiram, kecap manis, garam, dan merica bubuk ke dalam wadah yang besar. 2. Aduk rata semua bahan tersebut hingga merata. 3. Setelah tercampur rata, diamkan selama 10 menit.

Buat Cilok Ayam

1. Ambil adonan cilok yang sudah didiamkan tadi, bentuk menjadi bola-bola kecil. 2. Pipihkan bola-bola tersebut dan isi dengan adonan daging ayam. 3. Bentuk bola-bola tersebut kembali hingga menutupi adonan ayam. 4. Panaskan minyak goreng dalam wajan. 5. Goreng cilok hingga kuning kecoklatan. 6. Tiriskan cilok dan sajikan dengan saus sambal atau saus kacang.

Informasi Gizi

Satu porsi cilok ayam (100 gram) mengandung: – Kalori: 190 kalori – Protein: 6,5 gram – Lemak: 1,7 gram – Karbohidrat: 38,5 gram – Vitamin A: 0,4 RAE – Vitamin C: 0,4 mg – Kalsium: 22,5 mg – Zat Besi: 1,1 mg

Variasi Resep

Kamu dapat mengganti isi ayam dengan daging sapi atau bakso. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan bumbu sesuai dengan selera, seperti daun bawang atau bawang goreng. Untuk saus, kamu juga dapat mencoba saus tomat atau saus pedas.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Apa itu tepung kanji?

Tepung kanji adalah tepung yang terbuat dari umbi singkong. Tepung ini umum digunakan dalam masakan Indonesia seperti cilok, cireng, dan lain-lain.

2. Bisa gak diganti dengan tepung terigu?

Tidak bisa karena tepung terigu dan tepung kanji memiliki konsistensi dan tekstur yang berbeda.

3. Apa bedanya cilok dengan cireng?

Cilok terbuat dari tepung kanji dan biasanya diisi dengan bakso atau daging cincang, sedangkan cireng terbuat dari tepung terigu dan diisi dengan daging cincang atau udang.

4. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat cilok ayam?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cilok ayam antara lain tepung kanji, garam, bawang putih, kecap manis, minyak goreng, merica bubuk, telur, air, daging ayam cincang, gula pasir, saus tiram, dan garam.

5. Bisakah cilok ayam diisi dengan sayuran?

Bisa, kamu dapat mengganti isi ayam dengan sayuran seperti wortel atau kacang polong untuk membuat cilok vegetarian.

Gambar Gravatar
Saya adalah penulis dan lulusan Universitas terkenal di Indonesia jurusan Tata boga dengan pengetahuan mengenai seni mengolah makanan, mulai dari persiapan, pengolahan, hingga cara menghidangkan makanan. Berbagai aspek tata boga, baik tentang tekstur makanan, mutu panganan, maupun kandungan nilai gizi dipelajari oleh ilmu Tata Boga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *