Resep Jantung Ayam Cabe Ijo

Diposting pada
Resep Jantung Ayam Cabe Ijo oleh tanti sayonodiharjo CookpadResep Jantung Ayam Cabe Ijo oleh tanti sayonodiharjo Cookpad

Jantung ayam adalah salah satu bagian ayam yang sering diabaikan dan dianggap tidak enak. Namun, jantung ayam sebenarnya memiliki rasa yang lezat dan kaya protein. Kali ini, kami akan membagikan resep jantung ayam cabe ijo yang mudah dan nikmat untuk dihidangkan bersama keluarga. Berikut adalah bahan-bahan dan langkah-langkahnya.

Bahan-bahan:

  • 500 gr jantung ayam
  • 5 buah cabe hijau
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 1 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 sdm minyak goreng
  • 200 ml air

Langkah-langkah:

  1. Bersihkan jantung ayam dari kotoran dan cuci bersih.
  2. Haluskan bawang putih, jahe, dan cabe hijau di dalam blender.
  3. Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama daun salam dan daun jeruk hingga harum.
  4. Masukkan jantung ayam dan aduk rata dengan bumbu.
  5. Tambahkan air, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata dan biarkan hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam jantung ayam.
  6. Sajikan jantung ayam cabe ijo dengan nasi hangat.

Nutrisi:

Resep jantung ayam cabe ijo mengandung 294 kalori, 32 gram protein, 16 gram lemak, 7 gram karbohidrat, 3 gram serat, 54 mg kalsium, 1.5 mg besi, 2.2 mg vitamin B6, dan 252 mg natrium per porsi.

Variasi resep:

Anda dapat mencoba variasi resep jantung ayam dengan menggunakan bumbu yang berbeda, seperti bumbu kuning atau bumbu rujak. Anda juga dapat menambahkan sayuran seperti wortel atau kacang panjang untuk menambah rasa dan nutrisi pada resep ini.

FAQ:

1. Apakah jantung ayam aman untuk dikonsumsi?

Ya, jantung ayam aman untuk dikonsumsi dan kaya akan protein. Namun, pastikan jantung ayam sudah bersih dan dicuci dengan baik sebelum dimasak.

2. Bagaimana cara memilih jantung ayam yang baik?

Pilih jantung ayam yang segar dan tidak berbau. Pastikan untuk membersihkan jantung ayam dengan baik sebelum dimasak.

3. Apakah resep ini cocok untuk diet rendah kalori?

Resep ini mengandung 294 kalori per porsi, sehingga tidak cocok untuk diet rendah kalori. Namun, Anda dapat mengurangi jumlah minyak goreng yang digunakan untuk memasak dan mengganti gula pasir dengan pemanis rendah kalori untuk mengurangi jumlah kalori pada resep ini.

4. Bisakah resep ini disimpan dalam kulkas?

Ya, resep ini dapat disimpan dalam kulkas selama 2-3 hari jika disimpan dalam wadah kedap udara.

5. Apakah resep ini cocok untuk anak-anak?

Ya, resep ini cocok untuk anak-anak jika bumbunya tidak terlalu pedas. Anda dapat mengurangi jumlah cabe hijau pada resep ini jika anak Anda tidak menyukai makanan pedas.

Gambar Gravatar
Saya adalah penulis dan lulusan Universitas terkenal di Indonesia jurusan Tata boga dengan pengetahuan mengenai seni mengolah makanan, mulai dari persiapan, pengolahan, hingga cara menghidangkan makanan. Berbagai aspek tata boga, baik tentang tekstur makanan, mutu panganan, maupun kandungan nilai gizi dipelajari oleh ilmu Tata Boga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *